Kamis, 07 Februari 2013

PENGETAHUAN DASAR CORELDRAW


PENGETAHUAN DASAR CORELDRAW

 Membuka Corel Draw
-  Klik Start > All Programs > pilih CorelDRAW Graphics Suite 12 > Klik CorelDraw 12.
-  Cara lain: Klik shortcut di desktop yang bertuliskan CorelDraw 12.



1.  Menu utama ;  terdiri dari menu-menu untuk mengoperasikan CorelDraw 12.
2. Tollbar standard ;  perintah-perintah pada menu utama
3.  Property bar ;  berisi tombol-tombol perintah tambahan.
4.  Tool box ;  berisi alat untuk mendesain gambar.
5.  Ruler  sebagai garis pengukur objek
6.  Color Pallete  berisi perintah untuk memilih warna objek.
7.  Lembar kerja  halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.


  Menyimpan Desain File
- Klik menu File > Save > ketik pada filename nama filenya > tekan Save.
 Menutup File
-  Klik menu File > klik Close.
 Menutup Program CorelDraw 12
-  Klik menu File > klik Exit.
  Mengatur Ukuran/ Jenis Kertas
-  Masuk coreldraw > Klik New  > Klik kotak Paper Type/Size pada property bar pilih jenis kertas yang anda inginkan. Misalkan letter, legal, tabloid dsb.
  Mengatur unit satuan
-  Klik Drawing Unit pada property bar untuk memilih unit satuan yang anda inginkan. Misalkan: inches, millimeters, dsb.
  Menampilkan dan mengatur Grid
-  Klik menu View > Grid > garis grid akan ditampilkan.
-  Jika anda ingin mengubah garis grid menjadi titik-titik, klik menu View > Grid and Ruler Setup > muncul kotak dialog, pilih Show grid as dots untuk mengubah garis menjadi titik-titik.
  Menambah halaman dalam satu file
-  Klik kanan pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1  , pilih Insert Page After.
  Menghapus halaman dalam satu file
-  Klik kanan pages (halaman yang aktif) misalkan Page 2 , pilih Delete Page Before.
  Mengubah nama halaman dalam satu file
-  Klik  kanan pages (halaman yang aktif) misalkan Page 1 , pilih Rename.
  Membuat objek segi empat
-  Klik Rectangle Tool pada Tool Box atau tekan F6 > pointer akan berubah menjadi tanda (+) > drag dan drop mouse pada lembar kerja  akan terbentuk persegi panjang.
          Jika anda ingin membuat persegi/ bujur sangkar, Langkah sama seperti membuat persegi panjang. Hanya saja pada saat drag tombol kiri mouse sambil tekan Ctrl pada keyboard.
-  Jika ingin sudut dari segi empat di atas berbentuk melengkung (tidak siku) maka caranya adalah: tekan Pick Tool pada Tool Box > pilih objek segi empat tersebut > Klik Shape Tool (atau tekan F10)  Arahkan pointer pada sudut segi empat lalu drag (geser sedikit) dengan menekan tombol kiri mouse.
  Membuat objek lingkaran
-  Klik Ellipse Tool pada Tool Box atau tekan F7 > pointer akan berubah menjadi tanda (+) > drag dan drop mouse pada lembar kerja > akan terbentuk lingkaran.
   Jika anda ingin mengubah lingkaran menjadi variasi yang berbeda, Langkahnya drag lingkaran tersebut > klik Shape Tools pada Tool Box. Jika ingin bentuk pie, drag-lah lingkaran dari ke dalam..
  Membuat objek polygon
-  Klik Polygon Tool atau tekan Y > arahkan pointer yang berbentuk (+) ke lembar kerja > drag dan down mouse  maka jadilah polygon segi lima
-  Untuk menambah atau mengurangi jumlah segi pada polygon segi lima, gunakan fasilitas Number of Point on Polygon > klik Polygon yang dikehendaki > Pilih jumlah segi yang dikehendaki (contoh 3)  maka akan terbentuk segitiga.
-  Untuk mengubah polygon menjadi bentuk bintang, lakukan langkah berikut >Klik shape Tool  arahkan pointer ke polygon >  Klik di antara dua segi yang berpotongan > tarik kedalam terbentuk segi lima menjadi bintang.
     Membuat objek spiral
-  Klik ke Polygon Tool > Pilih Spiral Tool atau tekan A  pada lembar kerja drag dan down tombol mouse  terbentuklah spiral.
     Membuat objek table
-  Klik polygon Tool > Klik Grap Paper Tool atau tekan D  drag dan down tombol  mouse pada kanvas terbentuklah table

     Menggunakan Freehand Tool
-  Klik Freehand Tool pada Toolbox, pada kanvas > Klik tombol kiri mouse > drag kearah yang diinginkan, jika sudah sesuai keinginan, tekan tombol Esc pada keyboard untuk mengakhiri.
-  Apabila ingin melengkungkan garis > Klik Shape Tool  tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan > klik kanan mouse > pilihan To Curve.
     Menggunakan Bezier Tool
-  Pilih Bazier Tool pada freehand tool di Toolbox,  pada kanvas > klik satu kali pointer bertanda (+) > pindah ke posisi lain > klik lagi di posisi yang lain lagi  lanjutkan hingga sesuai dengan objek yang diinginkan.
-  Bila ingin melengkungkan garis dari objek di atas > klik Shape Tool tempatkan pointer pada garis yang ingin dilengkungkan > klik kanan mouse > klik pilihan To Curve
     Menggunakan 3 Point Curve Tool
-  Klik 3 Point Curve Tool pada Toolbox  pada kanvas > klik point 1 > drag dan lepaskan pada point 2 klik di point 3  terakhir satukan point 2 dengan point 1 dengan pointer.

Sampai disini dulu , semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar