Rabu, 23 Januari 2013



CARA MEMBUAT EFEK CERMIN DENGAN PHOTOSHOP





Assalammualaikum Wr.Wb. para sobat blogger........
Sobat, kali ini saya tidak akan memberikan info tentang software, tapi sesuatu yang berhubungan dengan judul blog ini. Maka kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial. yaitu bagaimana cara membuat efek cermin pada gambar seperti gambar tulisan muhammad di bagian atas blog ini....


Langsung aja ke bagian tutorial

Langkah 1


Buat layer baru dengan cara klik menu File >
New… (CTRL+SHIFT+N) setelah tampil window New, bagian Preset sizes pilih ukuran yang lumayan besar, misalnya 1280x800px 72 px/inch. Namai dengan Efek cermin dengan background putih. Opsi yang lain biarkan saja, kemudian klik OK, maka akan ditampilkan layer baru.

 Langkah 2

Buat Text dengan memilih ikon T (Horizontal Text Tool), tools disebelah kiri, kemudian klik di layer tersebut tersebut dan tulis misalnya “MUHAMMAD” dengan ukuran text “200 pt”, pilih font yang agak tebal, misalnya “Stencil” (pengaturan font bagian atas/toolbar). Biarkan warnanya tetap hitam.



Langkah 3

Copy text tersebut dengan memilih menu Layer > Duplicate Layer.. (atau klik kanan pada layer photoshop) ketika muncul window konfirmasi duplicate layer, klik OK (atau tarik layer MUHAMMAD tersebut ke icon “Create a new layer”). Text ini akan dijadikan bayangannya.





Langkah 4


Pilih “Photoshop copy” di bagian layer  tersebut dan Pilih Menu Edit > Transform > Flip Vertikal. Kemudian geser text yang sudah dibalik tersebut dibawah text Aslinya menggunakan Move Tool.





Langkah 5

Dibagian Layer, Pilih text bayangan tersebut, kemudian klik icon dibawahnya “Add layer mask”




Langkah 6

Klik “Gradient Tool” kemudian bagian warnanya pilih Foreground to Transparent


                   Teks Efek Cermin dengan Photoshop
Setelah itu drag (isikan) saja di bayangan text dari bawah ke atas. Jika terbalik maka ubah dari atas ke bawah. Ulangi jika hasilnya masih kurang bagus. Ingat sebelumnya sobat wajib klik ikon masking pada layer Photoshop Copy (ada disebelah kanannya).


Dari cara diatas akan dihasilkan text dengan bayangan dibawahnya. Agar hasilnya lebih menarik, maka text Photoshop yang diatas akan dibuat efek glossy atau seperti kaca dengan langkah mudah berikut (melanjutkan langkah sebelumnya).

    1. Buat layer baru, posisikan berada diatas text “MUHAMMAD”. Pastikan layernya transparent.


    2. Klik layer baru tersebut dan klik kanan pada “Selection tool” (Ada pada group Rectangular marquee     tool), pilih “Elliptical Marquee Tool” . Perkecil View Anda dengan cara menekan tombol Buat Seleksi Elips  yang membagi text phhotoshop menjadi 2 bagian dengan cara klik drag (cara menghilangkan seleksi klik menu Select > Deselect atau tekan CTRL+D).














3. Klik Gradient Tools, dan pastikan warna Putih berada diatas hitam (Foreground to Background). Pilih gradient “Foreground to Transparent”. Kemudian drag di bagian elips yang telah kita buat, coba sampai dihasilkan efek yang terbaik.












4. Terakhir tinggal deselect elliptical marquee tool dengan tekan CTRL + D

Hasil nya sebagai berikut
















Sekian dari tutorial yang saya berikan.....
Semoga bermanfaat bagi para sobat blogger....
..

0 komentar:

Posting Komentar